WA Sutanto

Guru SD Bendungan III Karangmojo Gunungkidul. GTT 12 tahun Kadang baca atau nulis cerita , pernah 2013 nominator lomba alat peraga di LP...

Selengkapnya

Antara Penulis Populer dan Penulis Pejuang

Kapan Kita Naik Kelas

Bila sudah setahun sekolah adakan ujian kenaikan kelas. Mungkinkah di kelas blog ini demikian ? Entahlah siapa tahu dibuat demikian.

Bila yang jadi ukuran yang masuk kelas populer dengan jumlah sekian pembaca. Maka merekalah yang layak naik kelas.

Katagori pembaca yang banyak itulah yang mendongkrak kelas. Sehingga bila demikian yang berbasis kurang menarik akan tetap tinggal di kelas yang dicintai. Walau tanpa wali kelas yang dinantikan.

Sekilas melihat para pembaca blog gurusiana. Artikel populer yang menduduki 5 besar sebagai juara bertahan. Mereka para jagoan dengan latar belakang pendukung yang handal. Ibarat pilkada mereka adalah kandidat yang akan menduduki kursi parlemen pemerintahan.

Bagi blog ini yang menduduki kelas populer analog dengan nama-nama yang layak baca. Jaringan yang mereka bentuk sungguh luar biasa. Penyebaran lewat media sosila dan juga blog to blog. Merujuk arahan yang tercantum di bawah penulis populer.

Misal Pak Lek yang terakhir posting tulisan 4 februari 2018 tetap memiliki pembaca yang fantastis. Dengan 774 pengikut. Sekiranya pengikut itu membaca sekali saja artikel beliau sudah meledak jumlahnya.

Lain halnya dengan yang satu tulisan pasang dan dengan beberapa yang baca.

Untuk selalu semangat.!!

Tak apalah ini senbuah pelajaran. Mengungkapkan isi pikiran dan hati agar bisa berkreasi. Paling tidak memberikan asupan menu yang bergizi bagi akal dan hati.

Banyak dan tidaknya pembaca adalah tergantung daya pikat. Termasuk kebutuhan terhadap materi yang ingin dicari. Bila semua menginginkan artikel itu meledakklah jadinya.

Bagi yang belum baik harap sabar. Permisi lewat dan selamat jalan. Lepas dari lebih dan kurangnya yang merasakan sensasi tulisan setiap penulis.

Salam semangat selalu. Merdeka..!

pop
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Menulis itu motivasinya untuk apa? Menulis untuk diri sendiri, berbagi kebaikan kepada orang lain, berbagi ilmu, menjadi populer, atau hobi. Sepertinya itulah alasan para penulis mungkin saja ada alasan lainnya, kalau saya setuju dengan pak Slamet Yuliono "pokoknya menulis"

07 Jul
Balas

seperti pak Slamet Y

07 Jul

Apalah arti kepopuleran tulisan dibandingkan dengan niat dan istiqomah kita dalam menulis, tulisan kita akan menemukan pembacanya sendiri suatu ketika, pak Tanto

07 Jul
Balas

siap..

07 Jul

Setuju, pokoknya menulis hehehe ....

07 Jul
Balas

oke sip 86

07 Jul

Tetap semangat Pak...

07 Jul
Balas

Yha bun..ini dpat doping ..dr Dieng..ma Bogor

07 Jul

Menulis, yuk...pak guru ? Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

07 Jul
Balas

siap bun..

07 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali