WA Sutanto

Guru SD Bendungan III Karangmojo Gunungkidul DI Yogyakarta 55891...

Selengkapnya

Catatan Relawan # Banjir

Catatan relawan. Saat terjadi luapan air Kali Oya. Guyuran hujan lebat sehari semalam. Luarbiasa luapannya. Timbul banjir bandang. Begitu cepatnya kenaikan jumlah airnya. Dari setinggi lutut tahu-tahu mencapai pundak. Gelagat yang mengkawatirkan!

Mas Sur jadi tim relawan. Bersama rekannya untuk kondisikan keadaan. Warga diminta tinggalkan rumah mengungsi ke daerah bebas banjir.

Segera atasi rumah warga di aliran sungai itu.Jangan sampai sapi itu mati tenggelam di kandang. Pasalnya tahun lalu pernah terjadi demikian. Dengan bekal pengalaman itu akhirnya warga paham. Sebelum meninggi air sungai itu . Ternyata hingga 2 meter.

Karuan saja panci,pring dan peralatan dapur habis diangkut arus air. Air itu biasanya lewat kali yang berbelok itu. Air deras langsung hantam rumahnya. Bangunan tetap berdiri. Tapi isinya hilang termakan air.

Beberapa pengamatan di lapangan. Bahkan Mas Sur itu motornya masuk kubangan. Mengira jalan itu datar ternyata sebuah jeglongan yang dalam. Dan mengalami kerusakan. Busi dan karburasi mati termasuk bagian mesin ada yang perlu diperbaiki. Kebetulan ada bengkel yang disitu. "Gratis buat panjenengan. Karena anda menolong kami!" Kata bengkel itu.

Bagi Mas Sur kejadian ini sebuah panggilan hidup. Mengulurkan tangan agar berguna bagi sesama. Apalagi kini terjadi bencana alam. Dan telah diperkirakan dengan adanya curah hujan yang tinggi itu.

Salam !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kali Oya tuh berarti daerah Bonjing itu ya Pak? semoga segera surut dan terkendali

12 Mar
Balas

Aliran dari Semin Ngawen sampai Bengawan Solo bun.

12 Mar
search