WA Sutanto

Guru SD Bendungan III Karangmojo Gunungkidul. GTT 12 tahun Kadang baca atau nulis cerita , pernah 2013 nominator lomba alat peraga di LP...

Selengkapnya

Mbak dan Mas KKN

Bersama Mas dan Mbak KKN

Terkenang kisah puluhan tahun lalu. Saat masa akhir duduk di perguruan tinggi. Memori saat KKN yang terkenang sampai kini. Dan diingatkan oleh mbak dan mas yang sedang kegiatan KKN di barat sekolahku.

Progtramnya tentang belajar di sekolah. Ikut melibatkan memberi materi pada siswa. Karena mengingat bahwa pendidikan tak lepas dari berbagai elemen. Termasuk masyarakat yang komitmen dengan pendidikan. Kini dengan adanya program Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagaimana saat ini begitu membawa angin segar bagi sekolah. Program itu membantu jalannya pembelajaran siswa. Terutama dalam program bimbingan belajar siswa. Mereka diberikan alokasi waktu untuk mengampu di luar jam sekolah. Soal ketrampilan, seni dan olahraga.

Tampak begitu tertariknya siswa-siswa itu mereka dengan akrab bisa belajar dan bergaul. Mas dan Mbak KKN mereka menyebutnya. Layaknya adik dan kakak dengan mereka ini. Bahkan pembelajaran itu menjadi menarik disimak begitu kompaknya.

Model dengan pengampu pembelajaran yang beda dari biasanya. Berbeda dengan saat bersama bapak dan ibu guru. Siswa nitu disuguhi teknik dan metode yang anyar. Baik orang yang menyampoaikan maupun materi pelajaran yang menggunakan gaya yang berbeda.

Tampak begitu antusias siswa-siswa itu. Semangat yang jadi kian meningkat. Padahal waktu belajar di sekolah sampai pukul 13.15. Sehingga dengan adanya program KKN waktu pulang bisa diundur lagi. Dengan waktu yang demikian itu tetap bersemangat ikuti apa yang disampaikan mabk mas KKN.

Materi itu menarik para siswa. Baik dari cara menyampaikan materinya yang ngemong bocah. Menyampaikan dengan gaya kakak dan adik yang bisa diterima mereka. Termasuk materi yang belum ada di sekolah. Semisal seni tari dari luar daerah. Misal tari Saman dari Aceh yang kebetulan Mbak KKN itu ada yang bisa. Termasuk pengenalan teknologi informasi yang layak anak. Dengan memberikan pengetahuan pada siswa soal pengoperasian TIK yang biasa disebut laptop. Untuk menggambar dan mewarnai.

Beberapa hal yang bisa diambil manfaat dan kerja sama antara sekolah dan program KKN di desa. Hal ini menjadi semangat yang terus bisa dikembangkan lebih jauh.

kkn
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Di desa sekolah sy juga sedang ada yg KKN, Pak...

04 Aug
Balas

Ok bun..kemrin dpt kenang 2an. Net dan kok.

04 Aug

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali