WA Sutanto

Guru SD Bendungan III Karangmojo Gunungkidul. Pernah GTT 12 tahun. Hobinya kadang baca atau nulis cerita. Pernah tahun 2013 masuk ...

Selengkapnya

Pembiasaan # Main Lumpur di Sawah

Musim panin padi telah usai dan kini musim mengolah tanan sawah. Angga dan Fatih ikut ke sawah ayahnya. Mereka cari belut yang ada dalam lumpur. Sambil malah gojekan lempar lumpur. Anak-anak usia SD dan TK itu dalam usia bermain. Yha kali ini game lempar tanah lumpur.

“Itu bukan membantu tapi malah main!” Kakeknya tahu bahwa mereka itu bahagia. Lumpur bagaikan mainan yang tak kalah seru dengan main gawai. Lebih serunya saat bergulung di lumpur itu. Bagaikan di kasur busa. Mereka dengan tawa dan candanya sehingga membuat meriah. Walaupun antara anak dan orang tua itu beda pikirannya. Bahkan terkesan mengganggu kerja saja.

Sebagaimana saat membenahi papan batas yang harus semstinya jadi dan akibat diinjak-injak jadinya harus membenahi lagi. Karena setadinya sudah mapan dan pas akibat ulah anak-anak jadi rusak. “Pendidikan dan pelatihan sejak awal butuh telaten dan semangat!” Pikir ayahnya.

Mereka dididik dengan latihan langsung. Soal pengolahan tanah yang kini dimulai dari tahap bermain-main. Dengan contoh dari ayahnya itu mereka lihat dan praktik langsung. Begitu ditanyai oleh ibunya mereka pun dapat menjelaskan. “Tadi kau kerjakan apa,Nak?”

Salam sukses.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya pun dulu mengalami, Pak. Biar belepotan, tapi hati merasa senang.

10 Apr
Balas

Yha Pak, membuat mereka biar kenal kegiatan sejak usia dini. Salam sukses

10 Apr

Jadi ingat anak saya waktu kecil, kalau pas sawah dekat rumah leb, langsung deh..nyebur..hehehe...

10 Apr
Balas

Yha begitulah Bun. Praktik langsung di Sawah.

10 Apr

Yha begitulah Bun. Praktik langsung di Sawah.

10 Apr

Asyik memang main lumpur Pak, hehehe. Sukses selalu dan barakallah fiik

10 Apr
Balas

Oke bun. Layaknya pesta perayaan tahun baru.

10 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali