WA Sutanto

Guru SD Bendungan III Karangmojo Gunungkidul. GTT 12 tahun Kadang baca atau nulis cerita , pernah 2013 nominator lomba alat peraga di LP...

Selengkapnya
siap uji diri dalam gapai prestasi

siap uji diri dalam gapai prestasi

Gerak dan kemampuan diri pada siswa layak untuk diapresiasi. Dalam kaitannya membentuk mentalitas berkarakter dengan munculnya jiwa sportif siswa. Hal itu yang akan dijadikan bekal dalam hidup di masyarakat. Diantaranya dengan digelar beberapa even kegiatan yang memberikan tempat untuk pengembangan diri. Mereka mampu mengekspresiakn dalam kemampuan dan ketrampilan di cabang olahraga yang digelar setiap tahunnya.

Seminggu ini di Gunungkidul digelar OOSN ( Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ) tingkat SD dan SMP di beberapa cabang olahraga. Mengambil lokasi di stadion Handayani dan tempat sekitarnya. Kiranya beberapa hal yang dapat dijadikan upaya peningkatan kualitas kemampuan siswa dalam cabang olahraga. Dimungkinkan dapat dijadikan sumber daya atlet dalam waktu mendatang.

Beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam membekali siswa. Sebagai upaya dalam pengembangan kedepannya dan layak diperhatikan adalah sebagai berikut :

Pertama, Dapat melibatkan alumni sekolah yang telah berhasil di even cabor bersangkutan. Mereka dihadirkan untuk memberikan pengalamannya dan praktik langsung. Orientasi dari apa yang telah disampaikan menjadi khasanah dalam pembekalan adik-adiknya.

Kedua, menggerakkan peran orang tua untuk mendukung sepenuhnya. Dari sinilah penyadaran terhadap orang tua sebagai pembimbing langsung di rumah. Doa restu dan fasilitas ynag diperlukan dapat mendukung lancarnya kegiatan anak.

Ketiga, sekolah dan kesempatan pengembangan olahraga bagi siswa. Kini terbuka dan ada tempat untuk mengembangkan diri lebih optimal. Terdapat sekolah yang membuka kelas olahraga yang memberi gerak dan ruang untuk mengembangkan bakatnya.

Keempat , kembangkan motivasi berolahraga dalam kemasan permainan yang menyenangkan. Upaya yang dapat dilakukan untuk memberikan semangat berlatih. Pengenalan sedehana sehinga menimbulkan daya tarik. Dari sini muncul keinginan yang lebih jauh untuk menguasai cabang olahraga tersebut.

Kelima, penyediaan ruang gerak yang memadai. Luas halaman sekolah dan ruang untuk mengoptimalkan gerak siswa. Sarana dan prasarana untuk pengembangan kemampuan gerak siswa. Sebagai dasar kemampuan gerak secara sederhana.

Kiranya dapat menjadi penyumbang dalam regenerasi olahraga yang ada di masyarakat. Sehingga kian banyak kemampuan dipersiapkan dalam menghadapi even yang lebih tinggi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali